This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 04 Mei 2013

KARYA ILMIAH GURU



Kerangka Penulisan
1. Bagian awal
    a. Halaman judul
       1) Judul singkat, jelas, relevan dengan isi tulisan, dan diketik dengan huruf kapital.
       2) Nama penulis.
       3) Kedudukan guru yang menyatakan keberadaan guru pada satuan pendidikan SD/SLB
/SMP/SMA/SMK dan mata pelajaran yang menjadi bidang tugasnya.     
       4) Tanggal penulisan.
     b. Halaman pernyataan dan pengesahan kepala sekolah.
Lembaran ini memuat pernyataan dari guru peserta lomba, bahwa karyanya merupakan karya asli dan belum pernah diikutkan dalam lomba sejenis. Pernyataan ini ditandatangani oleh guru peserta lomba dan mendapat pengesahan atau persetujuan kepala sekolah dengan bukti tanda tangan, nama, NIP/NIGB/NIY (kalau ada) dan stempel sekolah.
     c. Kata Pengantar
     d. Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran bila ada
     e. Abstraksi (ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris sebanyak 200 – 300 kata)
2. Bagian inti pembahasan
    a. Pendahuluan
        Pendahuluan berisi atau mengungkapkan antara lain hal-hal sebagai berikut :
        1) Latar belakang
           o Menggambarkan bahwa topik atau fakta yang dikemukakan merupakan permasalahan  nyata di kelasnya.
            o Menggambarkan bahwa fokus atau substansi utama karya lomba mampu mengatasi permasalahan pembelajaran dan meningkatkan hasilnya di kelasnya
        2) Rumusan masalah yang menggambarkan ruang lingkup atau pembatasan kegiatan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan topik atau fokus permasalahan.
        3) Tujuan dan manfaat dari fokus atau substansi utama karya lomba. Rumuskan secara rinci tujuan (umum dan khusus), dan manfaat dari karya lomba bagi peserta didik, sesama guru, sekolah, dan KKG/MGMP.
       b. Kajian teori atau tinjauan pustaka.
Berisi definisi konsep, definisi operasional dan/atau kajian teoritis yang mendasari fokus atau substansi karya lomba. Cara mengutip dan tata tulis referensi atau daftar pustaka menggunakan aturan yang lazim dipakai dalam penulisan karya tulis ilmiah.
      c. Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran, sehingga melahirkan hasil terbaik, yang dibuktikan dengan mutu hasil belajar atau perubahan yang signifikan dari perilaku siswa.
Dalam pembahasan dikemukakan tentang pengalaman nyata guru yang terbukti berhasil memecahkan permasalahan di kelasnya, dan meningkatkan kualitas pembelajaran,.
       1) Bila fokus atau substansi lomba berupa pembuatan alat/karya kreatif dan inovatif, langkah-langkah yang harus dilaporkan adalah sbb:
            a) Rancangan alat
            b) Proses pembuatan alat
            c) Pembuatan manual/pedoman penggunaan alat
            d) Prosedur penggunaan alat dalam pembelajaran
            e) Hasil yang diperoleh
            f) Evaluasi kebermanfaatan alat

        2) Bila fokus dan substansi lomba berupa penerapan metodologi pembelajaran maka langkah-langkah yang harus dilaporkan adalah sbb:
             a) Merancang pembelajaran; termasuk penyusunan silabus, RPP, dan skenario pembelajaran
             b) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode yang dirancang termasuk instrumen atau alat bantu yang digunakan.
              c) Hasil yang diperoleh
              d) Evaluasi keberhasilan pembelajaran.
Simpulan dan saran-saran
     1) Simpulan utama sesuai dengan fokus atau substansi lomba.
    2) Saran-saran yang ditujukan baik kepada teman sejawat, pengelola satuan pendidikan atau berbagai pihak lain yang relevan.
     3. Bagian Akhir
          a. Daftar pustaka
         b. Lampiran data-data yang diperlukan untuk menunjang kebenaran laporan kegiatan, misalnya: data
          c. Lampiran biodata peserta yang disahkan oleh kepala sekolah (lihat contoh Lampiran 2).

*)Lampiran 1
CONTOH KERANGKA PENULISAN 
                 Halaman Judul 
                 Halaman Pengesahan 
                 Kata Pengantar 
                 Abstrak (200- 300 kata) 
                 Daftar Isi 
                 Bab I Pendahuluan
                           A. Latar Belakang
                           B. Ruang Lingkup
                           C. Tujuan
                           D. Sajian Definisi (apabila ada)
                 Bab II Langkah-Langkah Pelaksanaan
                          A. Rancangan alat/skenario pembelajaran
                          B. Penerapan alat/metodologi dalam pembelajran
                          C. Instrumen atau alat pengumpulan data
                          D. Validasi instrumen atau prosedur pembelajaran
                          E. Teknik analisis data
                 Bab III Laporan Hasil
                          A. Deskripsi hasil pembelajaran
                          B. Analisis hasil pembelajaran
                 Bab IV Kesimpulan dan Saran
                         A. Kesimpulan
                         B. Saran
                 Daftar Pustaka 
                 Lampiran
                       1. Data/informasi yang relevan
                       2. Biodata